Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Lengkap Dengan Template

AbabilseoContoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Lengkap Dengan Template – Saya telah membuat contoh surat lamaran generik, sederhana, tulisan tangan, dan terlengkap untuk pencari kerja agar mereka dapat melamar posisi di perusahaan berdasarkan posisi yang dibutuhkan oleh perusahaan yaitu membuka lowongan.

Banyaknya kesalahan yang kami lakukan dalam surat lamaran dikarenakan struktur dan bahasa, sehingga sangat penting bagi pencari kerja untuk memodifikasi surat lamaran agar dapat diterima dan melanjutkan ke tahap selanjutnya. Jika teman-teman mengikuti format dan petunjuk untuk membuat surat lamaran, kemungkinan surat lamaran Anda akan diterima dan Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Format yang digunakan juga harus formal dan sesuai dengan format surat yang baik. Jangan sampai surat lamaran Anda ditolak karena Anda terburu-buru dan tidak memperhatikan penulisan dan format surat lamaran yang benar.

Berikut ini, Admin merangkum contoh surat lamaran ini sebagai bahan referensi Anda untuk membuat surat lamaran yang dikutip dari berbagai sumber.

Pengertian Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Benar Dan Lengkap Dengan Template

Untuk dapat bergabung dengan perusahaan tersebut, perusahaan terlebih dahulu ingin mengetahui identitas Anda, Anda harus memperkenalkan diri secara lengkap dan menjelaskan mengapa Anda ingin bergabung dengan perusahaan yang Anda lamar. Proses ini sama seperti menulis surat lamaran.

Baca ini : Tempat Nongkrong Di Jakarta 24 Jam Hangout Makin Asik

Surat pengantar adalah surat resmi (resmi) yang ditulis oleh seseorang yang membutuhkan/mencari pekerjaan kepada pimpinan HRD atau perusahaan terkait. Karena HRD atau pimpinan perusahaan berhak menerima atau menolak pelamar untuk dapat bekerja di perusahaan yang dipimpinnya.

Format template surat lamaran sangat mempengaruhi diterima tidaknya kita saat melamar suatu perusahaan. Menurut HRD, banyak dari kita yang sering mengabaikan format surat lamaran yang baik karena surat lamaran kita hanyalah tumpukan kertas.

Format Surat Lamaran Kerja

Contoh surat pengantar yang baik dan benar adalah surat pengantar yang memenuhi standar standar surat umum. Sebelum membuat dan mengirimkan surat lamaran Anda, ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar lamaran Anda dapat diterima oleh HRD.

Silakan simak format dan tips membuat surat lamaran yang benar di bawah ini agar tidak menyia-nyiakan surat lamaran Anda. Dalam membuat contoh surat lamaran kerja yang baik, harus diperhatikan format penulisannya, seperti gambar di bawah ini:

  • Tempat Dan Tanggal Penulisan

Format: Kota/Kabupaten, DD/MMM/YYYY
Contoh: Bekasi, 03 Juli 2021

  • Tujuan Surat

Nama perusahaan dan alamat lengkap perusahaan
contoh :

Kepada
Yth. Bpk/Ibu HRD
Bank BCA

Di Jl. Yos Sudarso No.23

  • Salam Pembuka Atau Salam Hormat

Dengan Hormat,

  • Kata Pengantar

Saat menulis kata pengantar, sebaiknya sertakan di mana calon pekerja mendapatkan informasi tentang lowongan pekerjaan tersebut, baik dari media sosial, Jobstreet, Locker, dll. Penting juga untuk menyebutkan posisi yang kita lamar, terutama jika perusahaan melakukan beberapa posisi dalam waktu yang bersamaan.

  • Biodata Diri

Bagian terpenting dari surat lamaran adalah resume yang valid. Data biologis yang baik adalah data yang memuat:

  1. Nama lengkap,
  2. Tempat dan tanggal lahir,
  3. Alamat
  4. KTP
  5. Tempat tinggal,
  6. Nomor HP/WA yang valid,
  7. Email
  • Pengalaman Kerja Atau Keahlian Yang Anda Miliki

Jika sebelumnya Anda pernah bekerja di perusahaan lain, sebaiknya tuliskan riwayat pekerjaan Anda di surat lamaran. Bagi fresh graduate, tidak ada salahnya menuliskan pengalaman magang sebagai nilai tambah.

  • Lampiran Pada Surat Lamaran Kerja

Untuk memverifikasi apakah surat yang Anda kirimkan sudah benar, surat pengantar harus memiliki lampiran dan menyertakan informasi lain dalam surat pengantar.

contoh :
Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  1. Daftar Wirayat Hidup
  2. Fotokopi Ijazah S1
  3. Fotokopi transkrip nilai
  4. Fotokopi kursus dan sertifikat pelatihan
  5. Foto terbaru
  • Penutup Dan Salam

Katakan di akhir surat lamaran bahwa Anda harus mencari pekerjaan di perusahaan, dan ucapkan terima kasih di akhir surat lamaran.

  • Hormat Saya (TTD dan Nama Lengkap)

Kali ini, sebagai penegasan pelamar kerja, ia menunjukkan rasa hormat dan keseriusan dalam penyusunan surat lamaran.

Yang Harus Dilampikan Dalam Surat Lamaran Kerja

Ketika suatu perusahaan membuka lowongan untuk posisi tertentu, maka harus menetapkan kondisi tertentu sebagai syarat yang dapat memenuhi kebutuhan perusahaan. Oleh karena itu, ada beberapa persyaratan yang wajib dipenuhi, pelamar harus memenuhi persyaratan tersebut, persyaratan ini harus disertakan saat memberikan informasi melalui media cetak, digital, atau melalui teman.

Berikut Admin memberikan tips yang harus dilampirkan pada surat lamaran, lampirannya adalah sebagai berikut:

  • Pas Foto (foto terbaru)
  • Fotokopi KTP
  • Daftar riwayat hidup
  • Fotokopi ijazah terakhir
  • Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah Anda ikuti, jika ada)

Tips Membuat Lamaran Kerja

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam rangka untuk contoh Surat lamaran yang Anda buat sangat berharga di mata HRD. Berikut beberapa tipsnya:

  • Tulislah surat lamaran dengan bahasa yang benar dan baik.
  • Tulis surat lamaran dengan rapi dan jangan menggunakan bahasa yang panjang-panjang
  • Tulis surat lamaran dengan informasi yang dibutuhkan oleh perusahaan
  • Melampirkan sertifikat dukungan merupakan nilai tambah bagi Anda.

Contoh Surat Lamaran Kerja

Teman-teman dari perusahaan yang ingin melamar lowongan pekerjaan bisa menggunakan contoh surat lamaran ini sebagai contoh untuk melamar pekerjaan.Ingat jangan lupa untuk mengganti data dibawah ini, karena data dibawah ini hanya sebagai contoh saja.

Contoh Surat Lamaran Kerja Umum

Medan, 30 Juni 2021

Perihal: Lamaran Pekerjaan
Lampiran: 8 lembar

Kepada :
Yth. Bpk/Ibu HRD
Bank CIMB Niaga

Di tempat.

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya baca di Sosmed.com pada tanggal 26 Desember 2020. Melalui surat lamaran ini, saya bermaksud melamar pekerjaan back office di Bank CIMB Niaga.

Berikut ini data singkat saya:

Nama: Arron Prayoga
Tempat dan tanggal lahir : Karang Rejo, 20 Januari 1996
Pendidikan Terakhir: Diploma III-Teknik Telekomunikasi (I.P.K 3.42)
Alamat : Jl. Dusun Pendawa, pelopor di desa Kec Karang Rejo. stabat
HP: 088879890909
Email: arronprayoga6@gmail.com

Saya memiliki kesehatan yang baik, penampilan yang cantik, dapat menjalin komunikasi yang baik, dan dapat bekerja sendiri maupun dalam tim. Bahasa Inggris lisan dan tulisan saya sangat bagus. Dengan 2 tahun pengalaman kerja di bidang telekomunikasi, saya dapat bekerja dengan aplikasi komputer seperti SAP, Microsoft Visio, Microsoft Access, Microsoft Excel, Autocad 2D, dll. Saya juga memahami beberapa bidang IT, seperti HTML, CSS, Javascript, PHP dan SEO (Search engine optimization), memiliki pengalaman dalam pemasaran jaringan, dapat mengetik dengan cepat.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

  • Pas foto berwarna
  • Daftar Riwayat hidup (CV / Resume).
  • Scan KTP.
  • Fotokopi Ijazah.
  • Fotokopi Transkrip Nilai.
  • Fotokopi Sertifikat Pendukung
  • Fotokopi Sertifikat Tolef.

Oleh karena itu, saya mengisi surat lamaran ini dengan sebenar-benarnya. Besar harapan saya agar Bapak/Ibu bersedia memberikan saya kesempatan untuk tes dan wawancara, sehingga saya dapat menjelaskan potensi saya lebih detail. Saya mengapresiasi perhatianmu.

Hormat Saya ,

Arron Prayoga, A.Md

Contoh Surat Lamaran Kerja Fresh Garaduate

Medan, 23 Juni 2019

Perihal: Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Manajer HRD
PT. Sukses terus
Jl. Sudirman No. 18
Kota Medan

Dengan hormat,

Sesuai dengan lowongan yang ada di website nomis.id pada tanggal 15 Juni 2020, saya secara sukarela bergabung dengan PT. Sebagai akuntan maju mundur sukses. Informasi pribadi saya adalah sebagai berikut:

Nama : Oky Laily Ulya, AMd
Tempat lahir, tanggal lahir: Medan, 25 Desember 1986
Usia: 22 tahun
Pendidikan Terakhir: Politeknik Negeri Medan (D3)
Alamat : Jl. Jenderal Sudirman No.45
Telepon: 085210556358
Email: okylaily_ulya@gmail.com

Saya dalam kesehatan fisik dan mental yang baik, dan saya dapat berbicara dan menulis bahasa Inggris. Lulus dari Jurusan Akuntansi Institut Politeknik Negeri Medan dengan nilai terbaik. Saya biasanya bekerja dengan komputer, seperti MS Office, dan berkomunikasi dalam bahasa Indonesia dan Inggris, saya juga terbiasa menggunakan Internet.

Sebagai bahan pertimbangan, berikut ini saya lampirkan:

  1. Lanjutkan.
  2. Fotokopi Ijazah D3 dan Transkrip Nilai.
  3. Fotokopi sertifikat kursus/pelatihan.
  4. Foto terbaru.

Saya sangat berharap Anda bersedia memberi saya kesempatan untuk melanjutkan ke tahap berikutnya sehingga saya dapat menjelaskan potensi saya.

Oleh karena itu, saya benar-benar membuat surat lamaran, terima kasih untuk hari ini.

Hormat Saya,

Oky Laily Ulya, AMd

Baca juga : Cara Mendapatkan Filter Baby Face IG Viral, Nama Filternya

Demikian contoh surat lamaran kerja yang baik dan benar yang bisa anda gunakan untuk melamar pekerjaan semoga contoh surat lamaran kerja diatas dapat memudahkan anda untuk diterima di perusahaan yang anda inginkan ya.

Tinggalkan komentar