Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Dan Ciri

Ababilseo Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Dan Ciri – Teks editorial adalah sebuah artikel yang ada dalam surat kabar yang berupa opini atau pendapat dari orang lain akan sebuah peristiwa yang aktual atau yang sedang hangat menjadi perbincangan dalam sebuah surat kabar yang sedang diterbitkan saat itu.

Peristiwa yang dibahas dalam surat kabar sangat beragam, sesuai dengan peristiwa yang sedang terjadi. Bisa berupa kejadian sosial, ekonomi, politik dan juga budaya. Teks editorial terbit rutin dalam suatu majalah atau surat kabar secara rutin, dan bisa jadi setiap koran atau majalah selalu ada teks editorial

Orang yang menulis teks editorial itu yaitu pengarang dari sebuah media yang menerbitkan surat kabar. Bisa jadi seorang redaktur, editor, pencari berita yang disebut dengan wartawan, atau bisa juga orang bagian dari media itu yang memiliki peran sebagai pengisi teks editorial.

Dalam penulisan teks ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Melainkan harus berdasarkan fakta, bukti dan argumentasi logis. Untuk menyusun teks editorial, sang pengarang bisa sesuaikan dengan kabar yang beredar serta fakta yang terjadi di lapangan.

Untuk itu simak penjelasan Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Dan Ciri berikut.

Jenis atau Contoh Teks Editorial

Teks

Teks editorial dibagi menjadi tiga yaitu interpretative editorial, controversial editorial, dan Explantory editorial.

Interpretative editorial

Interpretative editorial yaitu teks editorial yang menjelaskan isu dengan cara memberikan fakta dan figur untuk memberikan pengetahuan.

Baca ini : Cara Dapatkan Gambar Among Us Background Space Langit Untuk Edit Video

Controversial editorial teks

Controversial editorial teks dengan tujuan meyakinkan pembaca akan keinginan penulis unyuk menumbuhkan kepercayaan pembaca akan suatu isu yang sedang terjadi.

Explantory editorial

Explantory editorial yaitu penyajian teks editorial yang memiliki tujuan pembaca dapat menilai isi yang sedang diperbincangkan. Penjelasan teks dengan jenis ini disertai dengan identifikasi masalah juga diharapkan dapat membuka mata masyarakat akan isu yang terjadi.

Tujuan Teks Editorial

Ada dua tujuan secara umum yang ingin dicapai dalam penyajian sebuah teks editorial dalam surat kabar. Dua tujuan tersebut yaitu :

  • Mengajak para pembaca untuk turut berfikir terhadap sebuah isu yang sedang diperbincangkan atau yang sedang terjadi dalam lingkungan sekitar
  • Bertujuan untuk memberikan sebuah opini atau juga disebut dengan pandangan terhadap suatu permasalahan atau isu yang sedang berkembang.

Manfaat dan Fungsi Teks Editorial

Manfaat

  • Dapat memberikan informasi bagi pembaca
  • Mampu merangsang pemikiran para pembaca tentang isu yang berkembang
  • Dapat menggerakkan pembaca melakukan dengan isu yang sedang terjadi.

Fungsi

Adapun fungsi dari teks editorial yaitu :

  • Untuk menjelaskan isu yang terjadi dengan gambaran fakta yang sebenarnya, lebih dari itu di dalam teks tersebut juga akan menjelaskan mengenai dampak yang terjadi dalam masyarakat akibat dari terjadinya sebuah isu.
  • Memberikan penjelasan berupa latar belakang yang berkaitan dengan berita, kenyataan sosial dan juga faktor yang mempengaruhi.
  • Meneruskan penilaian moral tentang berita yang hangat diperbincangkan.

Ciri ciri Teks Editorial

Dari penjelasan di atas, apa saja ciri – ciri yang bisa di temui pada teks editorial :

1. Topik yang ditulis pada teks editorial yaitu topik yang sedang hangat diperbincangkan di kalangan masyarakat.

2. Sajian dari teks ini harus bersifat sistematis dan logis.

3. Teks editorial yaitu sebuah opini atau cara pandang seseorang terhadap isu yang tengah berkembang.

4. Teks editorial memiliki ciri – ciri kalimat dengan penyampaian yang singkat, padat dan jelas.

Selain penyajian fakta yang aktual, dalam teks editorial juga terdapat kaidah bahasa yang di gunakan dalam penyajiannya. Adapun kaidah bahasa yang digunakan dalam Teks Editprial ini sama seperti prosedur penulisan teks yang lain, dengan menggunakan verba material.

Baca juga : Cara Masukkan Kode Remot TV LG

Demikianlah penjelasan Teks Editorial: Pengertian, Contoh, Jenis, Fungsi, Dan Ciri, semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar